Ingin Berlangganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan Email Anda


belajar bisnis internet

Jenis Program Affiliate Marketing

Label:

RINGKASAN : Pada dasarnya ada 3 jenis program affiliate marketing : Pay-Per-Sale, Pay-Per-Lead dan Pay-Per-Click. Selanjutnya dibedakan lagi berdasarkan komisi yang dibayar, yakni Flat-Fee based atau Commission-based. Ada lagi jenis yang membedakan berdasarkan bagaimana program tersebut mengelola affiliate yang datang membawa affiliate baru, yang dibagi menjadi Single-Tier, Two-Tier dan Multi-Tier. Setiap jenis program affiliasi memiliki keunggulan dan kekurangannya. Selengkapnya dapat disimak dibawah ini.

Commission-based Affiliate Programs
Sampai saat ini program jenis ini adalah bentuk yang paling banyak. Dan hampir selalu berupa program Pay-Per-Sale, yaitu mereka memberikan persentase komisi yang besarnya telah ditentukan untuk setiap pendapatan dari penjualan produk atau jasa kepada pengunjung yang berasal dari situs atau blog anda.

Beberapa program affiliasi memberikan insentif bagi webmaster yang produktif dalam bentuk komisi yang semakin besar untuk penjualan yang lebih besar, atau berupa bonus atau hadiah. Banyak program affiliasi yang beroperasi dengan persentase komisi flat (tetap) berapa besarpun penjualan anda.

Ada juga program affiliasi yang beroperasi memberi “penalti sukses” dengan cara memotong atau mengurangi komisi apabila affiliatenya melampaui jumlah pendapatan bulanan tertentu (misalnya sebuah program affiliasi hanya membayar komisi maksimum $500 per bulan per affiliate). Selalu baca baik-baik Perjanjian Affiliasi sebelum menjalankan program affiliasi agar anda terhindar dari jeratan yang tak diinginkan.

Affiliate Programs basis Flat-Fee (pay-per-lead dan pay-per-sale)
Meskipun kurang populer dibanding program affiliasi berbasis komisi, banyak juga program affiliasi yang beroperasi dengan basis flat-fee. Inti dasarnya adalah program ini akan membayar anda sejumlah uang yang besarnya tetap untuk setiap pengunjung yang sedikitnya melakukan pembelian atau bentuk transaksi lain pada situs merchant tanpa memandang jumlah atau nilai transaksi tersebut.
Contoh program yang ditawarkan misalnya “US$10 per new customer” atau “US$5 per order”, atau mereka bisa saja membuat struktur fee yang rumit bergantung pada jenis produk atau jasa yang mereka jual dan berapa banyak penjualan affiliate tersebut satu bulan.
Sebagian program flat-fee berbasis pay-per-sale, artinya, pengunjung yang anda bawa harus benar-benar membeli dan membayar produk atau jasa mereka baru anda mendapat komisi. Program yang lain berbasis flat-fee, misalnya bidang pinjaman, kredit dan asuransi biasanya beroperasi pada basis pay-per-lead. Untuk setiap lead yang sah yang anda bawa, anda berhak mendapat fee. Kriteria keabsahan sebuah lead bervariasi mulai dar “pengunjung memasukkan nama dan alamat email” hingga “pengunjung melengkapi formulir survey dan membalas tindak-lanjut via telepon”.
Klik disini untuk mendapatkan keunggulan dan kekurangan program affiliasi basis flat-fee.

Program Pay-per-click
Program affiliasi jenis Pay-Per-Click membayar sejumlah kecil uang untuk setiap pengunjung yang dikirim ke sebuah situs tertentu. Nilainya bervariasi antara $0.01 hingga $0.20 atau lebih per setiap pengunjung.
Sebagian program jenis ini membayar hanya berdasarkan second-page-click, yaitu anda hanya akan dibayar apabila pengunjung yang anda bawa mengklik salah satu link yang ada pada halaman-tiba dari laman situs anda. Selalu pastikan membaca secara menyeluruh setiap program yang akan anda maski untuk memastikan apakah anda dibayar berdasarkan first-page-click atau second-page-click karena ini sangat mempengaruhi potensi pendapatan anda. Biasanya, persyaratan second-page-click mengurangi pendapatan anda sebesar 75%-90% dibanding program first-page-click.

Klik disini untuk mendapatkan keunggulan dan kekurangan program affiliasi pay-per-click.

Single-tier Affiliate Programs
Single-tier affiliate programs , pada intinya, menawarkan program yang memberikan penghargaan untuk transaksi langsung, yakni transasksi yang dihasilkan oleh affiliatenya. Tidak ada kompensasi untuk membawa affiliate baru. Program affiliasi type ini cocok untuk semua bentuk situs, pendapatan anda seluruhnya bergantung pada kemampuan anda melakukan “pra-jual” produk atau jasa yang anda tawarkan, berapa banyak pengunjung yang anda bawa kirim ke situs merchant, dan seberapa baik anda mengubah mereka agar menjadi sumber pendapatan bagi situs anda.
Two-tier Affiliate Programs
Two-tier affiliate programs menghargai affiliatenya dengan dua cara : mereka menghargai transaksi yang terjadi langsung oleh affiliate tersebut, namun mereka juga memiliki sistem yang memberi penghargaan bagi affiliatenya untuk membawa affiliate baru untuk bergabung dalam program mereka. Inilah bagian “tier-kedua” dari program affiliasi two-tier.
Pembayaran untuk second-tier dapat berupa commission-based maupun flat-fee based. Misalnya, sebuah program affiliasi membayar affiliatenya komisi 20% untuk setiap transaksi yang mereka buat langsung, ditambah dengan 5% dari total pendapatan affiliate yang mendaftar melalui situs affiliate tersebut (tentu 5% dari 20% komisi setiap affiliate). Ada juga yang membayar flat untuk setiap affiliate baru yang kita bawa dengan bentuk tawaran seperti “ $10 bonus for each new affiliate you refer that produces at least US$25 in sales”.
Jenis program affiliasi two-tier ini baik bagi affiliate yang yakin mampu merekruit affiliate lain yang produktif. Namun, agar waspada terhadap program affiliasi yang lebih menekankan pendapatan dengan dari perekrutan affiliate lain ketimbang pendapatan melalui penjualan – artinya, orang lain yang harus melakukan penjualan. Juga harus dicurigai terhadap program yang membayar komisi first-tier sangat rendah namun membayar sangat tinggi untuk komisi second-tier.

Multi-tier Affiliate Programs
Multi-tier affiliate programs menghargai affiliate yang mendaftarkan affiliate baru dengan cara bertingkat. Dengan kata sederhana, anda mendaftarkan si Budi, dan Budi mendaftarkan si Siti dan Siti mendaftarkan si Joko, dan anda akan mendapat persen komisi dari pendapatan si Budi, pendapatan si Siti dan pendapatan si Joko. Model program ini sangat mirip dengan program multi level marketing (MLM). Dan ini sangat TIDAK dianjurkan disini.
Kesimpulan :
Sebuah affiliate program dapat dimasukkan kedalam semua jenis kategori diatas. Misalnya, sebuah program affiliasi bisa menjalankan program single-tier pay-per-click, sementara program lain menjalankan program two-tie pay-per-lead. Dan bisa juga berbentuk hybrid, yaitu dengan menggabungkan beberapa type sistem pembayaran kedalam satu program affiliasi. Misalnya, sebuah program affiliasi membayar rendah untuk setiap lead, ditambah komisi yang besar untuk per-sale terhadap lead tersebut untuk menjadi pelanggan dalam selang waktu tertentu.

Sumber: semuaorank.com




Artikel Lain yang Mungkin Ingin Anda Baca :

7 komentar:
gravatar
Pesawat mengatakan...
11 Oktober 2010 pukul 20.48  

makasih sharingnya, kebetulan aku jg pgn mempelajari tentang affiliate.
mumpung ada yg kasih penjelasan pake bahasa indonesia, maklum bhs inggrisku msh blm bagus....^^

gravatar
Unknown mengatakan...
22 Oktober 2010 pukul 18.34  

alam kenal, mas......
nama saya Billy, saya masih SMP kelas 2 dan saya juga ingin menjadi seorang internet marketer yang sukses. Saya ingin belajar semua hal yang berhubungan dengan internet marketing. Mohon bantuannya ya, mas.....
email saya: b_jonathan97@yahoo.com.sg
blog saya: http://billyjonathanblog.blogspot.com

gravatar
YM mengatakan...
6 November 2010 pukul 12.48  

@pesawat: terima kasih kembali...

@billy: kita harus belajar dan kerja keras untuk sukses di internet marketing. silahkan baca2 artikel di blog ini...

gravatar
Unknown mengatakan...
29 Mei 2013 pukul 23.37  

banyak sekali artikel yang bermamfaat.
izin curi ilmu nya semua hehehe

gravatar
Unknown mengatakan...
29 Mei 2013 pukul 23.43  

terima kasih banyak....
memulai internet marketing memang bukan hal yang untuk di coba2.
tapi kerja keras dan keseriusan. susah sekali kalu tidak ada orang yang rela membagi ilmu untuk orang yang ingin berusaha seperti saya untuk maju.'
salam kenal.

gravatar
Walidin mengatakan...
3 Februari 2017 pukul 23.59  

Saya mengajak agan buat ikut team afiliasi BebasBayar karena memang mudah dijalankan dan akan menghasilkan banyak komisi. Program afiliasi yang "recommended" banget buat blogger.

gravatar
silvimargaret mengatakan...
8 Juni 2019 pukul 17.39  

Numpang ya min ^^
Ayo buruan bergabung di www,kenaripoker

Bonus 50% hanya deposit Rp 10.000 sudah bisa mainkan banyak game disini, TO rendah tidak menyekik player, server baru dengan keamanan dan kenyamanan yang lebih!
hanya di kenaripoker

WHATSAPP : +855966139323
LIVE CHAT : KENARIPOKER COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER COM

Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar.