Ingin Berlangganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan Email Anda


belajar bisnis internet

Pengalaman Terkena Virus Serviks Komputer

Label:

Salam bisnis internet. Virus-virus komputer sekarang memang sudah berkembang dengan hebat dan mutakhir. Bahkan orang-orang indonesia sendiri sudah banyak yang menjadi pembuat virus. Hal ini tentunya membahayakan kita sebagai pelaku bisnis internet.

Salah satu hambatan kita sebagai pelaku bisnis internet adalah serangan virus dan hacker yang bisa merusak website kita. Ini memang merupakan sebuah tindakan yang tidak bertanggung jawab. Ya namanya juga manusia, ada sisi baiknya dan pasti ada sisi buruknya.

Sekarang saya mau sekedar cerita nih tentang pengalaman pahit terkena virus komputer. Beberapa hari yang lalu, saya merasa aneh dengan laptop saya. Kok tiba-tiba di tampilan desktop laptop saya ada sebuah shortcut yang mencurigakan, namanya “serviks”.

Saya sudah curiga sebelumnya bahwa ini adalah virus. Ketika saya klik kanan yang perintah yang muncul hanyalah “make a shortcut”. Wah saya bingung juga nih. Saya coba masuk ke windows explorer, terus ketika saya lihat-lihat di folder-folder saya, saya kaget banget kok banyak banget file-file shortcut yang muncul. Hampir di setiap folder pasti ada.

Saya langsung panik. Begitu tahu ternyata ini adalah ulah virus, saya langsung browsing di internet cara menghilangkan virusnya. Uda banyak referensi yang saya dapat, tapi sayangnya tidak ada penjelasan yang mendetail sehingga saya bingung, (maklum saya masih awam soal virus komputer,hehe). Terus sampai beberapa hari saya coba terus supaya virusnya bisa hilang, tapi ternyata tidak bisa juga.

Akhirnya saya terpaksa mengambil cara terakhir, yaitu laptop saya diinstal ulang. Padahal OS windows XP yang ada di laptop saya itu adalah windows asli. Saya kesal juga gara-gara ini, OS windows XP asli saya jadi hilang deh. Mau instal yang asli lagi belum ada uang. Saya cuma bisa berdoa semoga para pembuat virus komputer ini segera bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Amin…




Artikel Lain yang Mungkin Ingin Anda Baca :

20 komentar:
gravatar
david mengatakan...
17 Mei 2010 pukul 18.30  

Terimakasih, semoga dengan info ini kita semua jadi tahu & berhati2 agar tidak terkena serangan virus tersebut.

gravatar
YM mengatakan...
18 Mei 2010 pukul 11.01  

@david: terima kasih kembali mas david. Iya nih, semoga kita lebih berhati2 agar tidak kene serangan virus komputer

gravatar
tim mengatakan...
2 Juli 2010 pukul 10.43  

waduh net saya juga terkena virus tersebut.. jika ada yang tau bagaimana penanggulangannya tanpa format ulang mohon do share.. soalnya data2nya sangat penting.. :(

gravatar
Vian mengatakan...
4 Juli 2010 pukul 09.50  

Pakai Saja AntiVirus Morphost. Soalnyakomputer kantor kemarin kena virus tersebut dan Berhasil saya bersihkan pakai morphost. Virus tersebut adalah virus lokal yang dibuat menggunakan vb script.

gravatar
Anonim mengatakan...
7 Juli 2010 pukul 08.40  

terima kasih atas infonya

gravatar
YM mengatakan...
8 Juli 2010 pukul 14.19  

@tim: mungkin sarannya mas vian bisa diikuti tuh mas.

@vian: thanks atas sharingnya, ilmu yang bagus nih.

@anonim: you're welcome

gravatar
Anonim mengatakan...
17 September 2010 pukul 14.39  

makasihg infoenya karena dah hampir 1 bulan terkena virus itu

gravatar
teknologi solo mengatakan...
23 September 2010 pukul 08.43  

Beberapa komputer di kantor juga kena...:)

gravatar
Ian Corp. mengatakan...
11 Oktober 2010 pukul 11.05  

Emang aku sendiri juga kesal sama tu virus,jadi kluar duit lagi deh buat ngistal ulang....
Capek dehhhh

gravatar
Anonim mengatakan...
12 Oktober 2010 pukul 11.44  

wah di kompi w ada gan...

gravatar
Marcel Radhival mengatakan...
13 Oktober 2010 pukul 19.08  

wew di komputer gw juga ada neh gan..... gw cba dulu neh pke morphost.. smoga berhasil ya... do'akan aku ya agan2 semua.,...

gravatar
Marcel Radhival mengatakan...
13 Oktober 2010 pukul 19.15  

aduuuuh..... morphost gk mengira bahwa itu adalah virus.... gmn dooonks agan2?? tolong gw dooonks......!!!!!

gravatar
YM mengatakan...
22 Oktober 2010 pukul 14.59  

@marcel: wah gan, klo virus yg satu ini uda masuk ke PC susah ngilanginnya gan. ane aja hrsu instal ulang, klo gak, pake kombinasi anti virus avira ama smadav, discan pake avira terus pake smadav. tapi anti virusnya harus yg up-to-date yach

gravatar
Anonim mengatakan...
24 November 2010 pukul 23.02  

waduh kok caranya singkat banget ya??

gravatar
Anonim mengatakan...
2 Desember 2010 pukul 12.45  

caranya gampang bro yg penting hidden files and polder nya dalam keadaa terbuka semua

gravatar
Anonim mengatakan...
2 Desember 2010 pukul 13.22  

coba beberapa tif berikut:
dengan catatan" hidden files and folder " dalam ke adaan show semua, dari sebelum ter infeksi serviks. Sebab gua blon tau cara ngebuka nya klo udah di blok.
Jadi bagi yg blom kena ne virus cepat2 ilangin tu contreng di tool>folser option>View>
Hidden fils and folder. Nah show semua nya.
Klo udah yg di atas trus ter infeksi serviks lakukan langkah2 sbb
1.matikan proses yg mengunakan wscript dari task maneger, klo tesk maneger nya di
hidden coba pake ini: klik star menu>Run ketik (REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableTaskMgr /t REG_DWORD /d 0 /f) trus Enter. Nah buka tesks meneger sekarang
2. matikan proses wscript di process manager, startup script lewat msconfig/tools lain. cek disitu ada 2-3 value run yg menggunakan wscript.
3pastikan tidak ada file dekstop.ini di folder startup start menu.
4. search dan delete file desktop.ini, df5srvc.bfe, serviks.sys(system32)biasa nya yg pernah gua alamin ber ukuran 12 ssampe 16kb
5. search dan delete file autorun.inf yg jika di open with notepad berisi pemanfaatan fitur wscript. pastikan folder option super hidden telah dihilangkan centangnya.
search dan delete file *.lnk dari script tersebut, kalo tidak yakin klik kanan shotcut pilih properties. misalkan kontentnya memanfaatkan fitur wscript untuk mengaktifkan desktop.ini silahkan dihapus.
Nah klo dah selesay dan ber hasil trus ada shortcut di deskstop clin aja.
Semoga ber hasil.

Klo ada pertanyaan kirim ke iwancelat@yahoo.co.id

gravatar
Anonim mengatakan...
16 Desember 2010 pukul 14.07  

ah...g membantu..

gravatar
Anonim mengatakan...
30 Desember 2010 pukul 20.23  

@atas: g membantu apa gak paham??? kan dah d ksh
solusi ma yg pd komen
akakakakkak
@penulis: klo win asli kan ada SN nya, klo inst.
ulng kan tinggal masukin SN na, knp hrs
bli lg?

gravatar
jual tas artis mengatakan...
28 September 2011 pukul 12.43  

biasanya virus dr internet masuk karena kita ngedownload software atau data. Ada gak cara efektif alternatif menghindari virus, misalnya utk download software atau data dr internet yg kira2 meragukan, kita masukin ke flasdisk aja gitu.

gravatar
Anonim mengatakan...
28 Juli 2015 pukul 19.03  

Biasanya setelah file itu selesai diunduh Antivirus otomatis memindai file itu. Kalau masih ragu ragu install aja di dalam sandbox.

Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar.